Peserta Lomba, Foto : Tim Media Pesantren Cijawura

aisjabar.or.id – Bandung, Peringatan Hari Santri 2020 disambut bahagia oleh jutaan santri di Indonesia. Tidak ayal mereka kerap menyelenggarakan ragam kegiatan untuk memperingati hari bersejarah itu.

Pondok Pesantren Margasari Cijawura mengisi peringatan Hari Santri tahun 2020 dengan berbagai macam lomba, bertempat di Aula Pondok Pesantren Margasari Cijawura, Pembukaan acara dihadiri oleh seluruh santri dan santriwati beserta pengasuh dan keluarga besar. (21/10)

Tema pada tahun ini adalah “Santri sehat Indonesia kuat” dengan tetap menjaga dan memperhatikan protokol kesehatan, mengingat acara ini dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Di indonesia Covid-19 ini sudah ditetapkan sebagai Bencana nonalam ,melalui keputusan presiden No.12 tahun 2020 tentang penetapan bencana Nonalam penyebaran Covid-19.

Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini ,Pondok Pesantren Margasari Cijawura menggelar berbagai perlombaan. Mencakup bidang edukasi, histori, dan kreatifitas. Perlu diketahui juga bahwa Pondok Pesantren Margasari Cijawura Kota Bandung beridiri pada tahun 1925-1930 M, termasuk salah satu pondok pesantren tua di Kota Bandung.

Pandemi Covid-19 ini tidak menjadi penghalang bagi para santri untuk tetap bekontribusi dalam memeriahkan Hari Santri Nasional tahun 2020, walaupun hanya mengandalkan media sosial seperti instagram, youtube, twitter dan website.

“Acara di konsep se out of the box mungkin dengan memperhatikan 3 sisi yaitu Edukasi, Historis dan Kreatifitas. Tahun ini menggelar lomba Essay yang mana tujuannya sebagai pemberdayaan Literasi, mengingat potensi santriwan/wati yang memiliki minat di bidang menulis tidak dapat dipandang sebelah mata”.-ungkap rofi.

Mata lomba yang tahun ini kami prioritaskan adalah perlombaan Essay “Guna melatih literasi, karena ternyata tidak sedikit santri yang mempunyai minat dan bakat dalam menulis, tetapi tidak ada minim tempat bagi mereka untuk dapat menuangkan ide-idenya. Oleh karena itu, kami memanfaatkan Hari Santri Nasional tahun ini, agar dapat membuka  ruang bagi para santri dalam berekspresi menuangkan ide-ide cemerlang nya melalui tulisan”

Dalam sambutannya Pengasuh Pondok Pesantren Margasari Cijawura, K.H Asep Usman Rosadi mengatakan “Santri harus siap taat pada kyai sehat jasmani, dan rohani karena santrilah yanga akan menjadi generasi bangsa”

“Pentingnya kita mengharagai perjuangan para santri dan ulama terdahulu, kita sebagai generasinya harus mampu mempertahankan NKRI, dan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaiknya” tuturnya.

“Semoga dengan diadakannya lomba dalam rangka semarak HSN ini dapat menjadikan seluruh santriwan/wati menjadi santri yang berkompeten di bidang nya masing-masing. Bersama Santri Indonesia Berprestasi, Selamat Hari Santri Nasional 2020.” Tutup Kyai Asep.

Nanda Tresna – Media Pesantren Cijawura

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here